Saturday, December 12, 2009

Tips pengemasan barang yang aman

Musim hujan telah tiba walaupun ketika artikel ini tulis musim hujan telah berlangsung sekitar 3 bulan, pada musim hujan banyak permasalahan yang ditimbulkan oleh kondisi alam selain banjir, terjangkitnya banyak jenis penyakit dan sebab-sebab yang mendatangkan penyakit, hal ini perlu diwaspadai dan dicegah sejak awal, termasuk juga dalam pengiriman barang bagi anda yang memiliki usaha dengan pelanggan luar kota, disini saya berikan tips dari pengalaman sendiri dalam tehnik pengiriman barang yang aman sampai kekonsumen.

Beberapa kali saya mengirim barang kepelanggan dan mendapatkan komplain karena barang rusak dan tidak bisa dijual, barang-barang tersebut rusak dikarenakan kondisi cuaca dan kondisi diperjalanan yang lama dan harus transit dibeberapa tempat sehingga barang kiriman sering kali bongkar muat yang mengakibatkan barang terkena banyak benturan sehingga rusak didalam.

Tips pengemasan yang aman.
Pilih bahan pengemas yang kuat dan tahan banting dan tidak tembus air.
Jika anda menggunakan kardus supaya barang tidak dilempar oleh tukang angkut pengiriman sebaiknya bagian luar diberi papan dari kayu.
Tulis posisi atas dan bawah jika barang tersebut memang seharusnya diletakan dalam posisi yang semestinya misalnya, jenis produk makanan dan barang elektronik yang bisa rusak jika letaknya terbalik.
Jika anda menggunakan kardus lapisi bagian luar dengan plastik biasanya kami menggunakan lakban plastik untuk menutup rapat semua kemasan. Nah disini saya punya cerita, waktu itu saya suruh adik untuk bawa barang ke Jakarta, dan kebetulan pas musim hujan dan disana banjir dan hujan deras diperjalanan, walaupun bagian luar sudah diberi anyaman tali rafia ternyata masih ada barang yang hilang karena kardus terkena air dan jebol, dan pada pengiriman selanjutnya tidak terjadi masalah karena sudah diantisipasi.
Lapisi plastik bagian dalam sebelum kardus diisi untuk menghindari air masuk kedalam kemasan walaupun bagian luar sudah diberi lapisan plastik.

Cara menyusun barang.
Pisahkan barang yang keras, lunak dan mudah rusak.
Letakkan barang-barang yang keras pada bagian bawah dan barang yang lunak dan mudah rusak pada bagian atas.
Untuk menghindari kerusakan terhadap barang yang mudah rusak atau hancur seperti jenis makanan sebaiknya letakkan ditengah dan bagian pinggir letakkan barang-barang yang keras untuk menghindari himpitan/desakan. Tata sedemikian rupa supaya jika terjadi desakan posisi barang tidak bergeser.
Selanjutnya barang siap dikirim dengan aman insya Allah.

No comments:

Post a Comment